Translate

Senin, 27 Februari 2012

Kredo Dostoevsky


“Akan kukatakan padamu bahwa pada saat seseorang haus akan iman laksana ’rumput yang kering’,  ia akan menemukan imannya karena kebenaran merupakan bukti yang terdapat dalam ketidakbahagiaan. Akan kukatakan padamu bahwa  aku adalah anak dari zamanku, anak dari ketidakpercayaan dan keraguan. Aku saat ini dan (yang kutahu) nantinya akan tetap sama hingga akhir hayatku.
Betapa menyiksanya kehausan akan iman ini merongrongku, bahkan hingga sekarang, di mana semakin kuat jiwaku, semakin banyak argumen-argumen yang kutemukan untuk menyangkalnya. Dan memang Tuhan memberikan masa-masa di mana aku dapat tenang; dalam ketenangan itu aku mencinta dan merasa dicintai. Pada saat-saat itulah aku menyatakan kredo-ku (pengakuan iman) sendiri, di mana segala sesuatu menjadi jelas dan kudus bagiku. Kredo-ku ini sangat sederhana. Beginilah bunyinya: Aku percaya bahwa tidak ada yang lebih indah, yang lebih dalam, simpatetik, masuk akal, manusiawi, dan lebih sempurna selain Kristus; dan kukatakan pada diriku dengan cinta bahwa bukan hanya tidak ada, tetapi tidak mungkin akan ada yang seperti Kristus. Lebih dari itu, jika seseorang membuktikan padaku bahwa Kristus ada di luar kebenaran, dan bahwa di dalam kenyataan kebenaran tidak terdapat pada Kristus, aku akan tetap memilih tinggal di dalam Kristus ketimbang memilih kebenaran.”
Surat-surat - F.M. Dostoevsky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar